Home Overview
Who's Online
We have 4 guests online

Content on this page requires a newer version of Adobe Flash Player.

Get Adobe Flash player

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday4
mod_vvisit_counterYesterday0
mod_vvisit_counterThis week4
mod_vvisit_counterLast week0
mod_vvisit_counterThis month4
mod_vvisit_counterLast month0
mod_vvisit_counterSince 09/13/10608050

We have: 3 guests, 1 bots online
Your IP: 54.82.119.238
 , 
Today: Jul 23, 2014

ND95 Overview

info

happyDownload ND95 Overview (format doc)
Download ND95 Sample Report (format doc)

ND95 atau Nexus Distribution 95 merupakan perangkat lunak aplikasi (application software) yang khusus dirancang dan  dikembangkan untuk dipergunakan oleh perusahaan yang bergerak dalam bidang usaha distribusi. Berbekal pengalaman kami dalam ikut mengembangkan dan mengimplementasikan program distribusi pada salah satu produsen consumer products terbesar di Indonesia, kami telah mengembangkan ND95 menjadi suatu perangkat lunak yang jauh lebih handal dan fleksibel.

ND95 membantu distributor untuk mengawasi Persediaan barang Gudang (Barang baik, BS dan Dented/Penyok), Persediaan barang van, Penjualan TO dan Penjualan Canvas, Piutang dan Giro, Pembelian dan Hutang Dagang. Membantu distributor dengan mengotomatisasi pekerjaan fakturisasi, faktur pajak, jadwal penagihan, usulan pembelian berdasarkan RPP (Rata-Rata Penjualan per Pekan), kontrol budget promosi, claim budget promosi dan sebagainya. Seratus lebih laporan untuk kebutuhan analisa berdasarkan produk, grup produk, salesman, customer, tipe customer, area dan pasar yang telah sangat membantu dan diakui oleh sejumlah distributor senior.

ND95 mulai dikembangkan sejak Nopember 1995 dan sampai saat ini telah dipergunakan di hampir 400 distributor di seluruh Indonesia.

Sumatera: Banda Aceh, Meulaboh, Sigli, Lhokseumawe, Bireun, Langsa, Medan, Binjai,  Balige, Sibolga, Padang Sidempuan, Kisaran, Nias, Padang, Bukit Tinggi, Batusangkar,  Jambi, Muara Bungo, Pekanbaru, Duri, Air Molek, Dumai, Baganbatu, Parawang, Rengat, Batam, Tanjung Pinang, Palembang, Prabumulih, Lahat, Lubuk Linggau, Baturaja, Bengkulu, Bandar Lampung, Kotabumi, Metro, Pangkal Pinang, Sungai Liat dan Tanjung Pandan.

Kalimantan:  Singkawang, Sanggau, Pontianak, Ketapang, Tarakan, Tanjung Selor, Tanjung Redeb, Balikpapan, Tanah Grogot, Samarinda, Bontang, Tenggarong, Palangkaraya, Pangkalanbun, Sampit, Banjarmasin, Banjarbaru, Kuala Kapuas, Barabai, Kotabaru, Batu licin.

Sulawesi: Manado, Kotamobagu, Palu, Luwuk, Makasar, Parepare, Polewali, Mamuju, Tana Toraja, Palopo, Bone, Bulukumba, Kendari, Kolaka, Baubau, Ternate, Ambon, Masohi dan Tual.

Papua: Jayapura, Sentani, Biak, Manokwari, Nabire, Sorong, Fakfak, Kaimana, Timika dan Merauke

Jawa Barat/DKI: Serang, Cilegon, Pandeglang, Rangkasbitung,  Tangerang, Jakarta, Bogor, Depok, Sukabumi, Bandung, Bekasi, Karawang,  Purwakarta, Subang, Tasikmalaya, Garut, Cirebon, Jatibarang.

Jawa Tengah: Semarang, Ungaran, Tegal, Pemalang, Pekalongan, Kudus, Purwodadi, Salatiga, Solo, Yogyakarta, Purwokerto, Cilacap,  Gombong, Banjarnegara dan  Kebumen,

Jawa Timur: Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Lamongan, Bangkalan, Pamekasan, Tuban, Bojonegoro, Jombang, Mojokerto, Probolinggo, Lumajang, Jember, Banyuwangi, Situbondo, Malang, Kepanjen, Kediri, Madiun, Nganjuk, Ponorogo, Blitar dan  Tulung Agung.

Bali/NTT/NTB: Denpasar, Singaraja, Klungkung, Mataram, Sumbawa Besar, Bima, Waingapu, Ruteng, Ende, Maumere, Kupang, Atambua, Soe dan Alor.

ND95  dimanfaatkan oleh distributor yang  men-distribusikan produk-produk consumer seperti Nestle, UBM, Khong Guan, Susu Bendera,  Dwi Kelinci, Anker Bir, Pepsi Cola, Lampu Dop, Kiwi, Reckitt, Gillette, Ceres, Unicharm, Danone, Tropical, Sania,  Arnott, Mandom, SKG, PopIce, Tigapilar (mie ayam 2 telor), B29 Sinar Antjol, Dua Berlian, Johnson, Beiersdof, GSK (Panadol), Van Melle, Tissue Kimberly, Paseo, obat-obatan dan produk-produk campuran lainnya. Ini membuktikan bahwa ND95 merupakan solusi standard untuk kebutuhan komputerisasi bidang usaha distribusi.

Sejak Mei 2007, tersedia software add-on yang memungkinkan salesman TO menggunakan PDA untuk mencatat pesanan dari toko, yang selanjutnya ditransfer ke program ND95 untuk diterbitkan faktur. Fasilitas ini akan menghemat tenaga dan waktu untuk menginput pesanan toko ke komputer  (* software pda dijual terpisah dengan paket nd95).

 

Modul-Modul pada ND95

Secara software architecture, ND95 terdiri atas 10 modul dasar yang terintegrasi (integrated) yang  berkaitan langsung dengan kegiatan distributor sehari-hari, yaitu Kontrol Stock, Operasi Canvas, Penjualan TO, Pembelian, Piutang Dagang, Hutang Dagang, Sales Analysis, Setup Aktivitas Promosi, Faktur Pajak dan Manajer Aplikasi, serta 2 modul Interface yaitu Common Interface dan Webhost Interface, yang dipergunakan untuk generate/extract data yang akan dipergunakan pada software lain, seperti program Accounting dan program dari pihak Principle.

 

Modul Manajer Aplikasi

Modul Manajer Aplikasi merupakan modul yang berfungsi menyediakan segala fasilitas agar modul-modul lainnya dapat bekerja. Fungsi-fungsi utama modul Manajer Aplikasi ini antara lain adalah melakukan setup parameter program, setup kalender kerja (ND95 menggunakan sistem kalender mingguan), melakukan pemeliharaan tabel-tabel seperti tabel area, tabel departemen, tabel jenis customer dan sebagainya, juga master file yaitu master supplier, master customer, master salesman dan master barang, termasuk menyusun itenary salesman. Semua ketentuan discount dan promosi juga dilakukan pada modul ini. Dengan mendefinisikan kegiatan promosi (marketing activity) serta budgetnya, ND95 akan dapat memberikan warning bila suatu promosi telah melampaui batas budget. Jika terjadi kenaikan harga barang, ND95 tidak mengijinkan edit langsung pada master barang, tetapi harus menggunakan transaksi yang di-posting pada saat harga baru mulai berlaku.Dengan cara demikian perubahan harga dapat ditelusuri karena kita dapat mencetak laporan riwayat harga.

ND95 menyediakan fasilitas untuk memproteksi harga jual pada nota penjualan sehingga tidak dapat diedit langsung oleh operator. Bila terjadi harga jual yang variatif maka ND95 sudah menyediakan fasilitas harga  alternatif. Harga alternatif ini dapat diberlakukan kepada customer tertentu, jenis customer tertentu, area tertentu ataupun salesman tertentu.

Selain yang disebutkan di atas modul Manajer Aplikasi juga berfungsi melakukan pemeliharaan sistem seperti melakukan proses akhir hari, proses akhir tahun, compress data untuk menghapus data-data yang telah usang, melakukan backup, dan sebagainya.

 

oh tampilan menu utama ND95

 
ND95 menggunakan konsep akhir hari seperti pada bank; jika transaksi pada suatu hari telah ditutup maka tidak dimungkinkan lagi untuk melakukan editing. Kesalahan harus dibenarkan dengan transaksi koreksi atau dengan privilege khusus. Proses Akhir Hari dapat ditunda sampai maksimum 7 hari.

 

 

Modul Kontrol Stock

Persediaan pada ND95 dibagi atas gudang standard (barang baik), gudang alokasi, gudang BS dan gudang Dented/penyok, sementara semua barang pada van  atau mobil canvas dianggap barang baik sampai pada saat diturunkan baru dipisah atas  barang baik dan barang BS. Satuan untuk quantity barang dapat menggunakan 2 level (mis. KRT.PCS) atau 3 level (mis. KRT.LSN.PCS); jenis satuan dan konversinya ditentukan pada master barang masing-masing item.

Mutasi barang yang dilakukan pada modul ini adalah:

- Penyesuaian stock, untuk aneka mutasi yang tidak standard seperti pengeluaran ke etalase dsb.

- Transfer antar gudang, untuk memindahkan barang yang rusak ke gudang BS atau sebaliknya

- MRV Standard, untuk pengembalian barang baik (recall) ke pabrik.

- MRV BS-Overaged, untuk penghancuran barang yang overaged atau pengembalian ke pabrik.

- MRV BS-Dented, untuk memindahkan BS ke gudang Dented.

- MRV Dented-Overaged, untuk pemusnahan barang dented yang overaged.

Mutasi barang yang berkaitan dengan penjualan terjadi melalui modul Operasi Canvas dan modul Penjualan. Penerimaan barang dari pembelian dilakukan dari modul Pembelian.MRV yang dimasukkan selain untuk mutasi stock juga akan menimbulkan piutang MRV yang pelunasannya dilakukan melalui modul Hutang Dagang.Pencetakan formulir Nota Retur Pembelian, Nota Retur Pajak, Goods Delivery Report, Goods Destruction Report dan Berita Acara Pemusnahan Barang yang berkaitan dengan MRV dapat langsung dicetak melalui ND95. 

Modul Kontrol Stock juga menyediakan fungsi untuk melakukan stock opname. Proses Stock Opname sangat fleksibel, misalnya anda melakukan stock opname pada akhir bulan, sementara hasil opname belum dapat diinput ke  komputer, anda sudah dapat melakukan transaksi untuk bulan berikutnya tanpa harus menunggu hasil opname diproses terlebih dahulu. Laporan stock opname dapat dicetak untuk menampilkan stock fisik dan stock komputer serta selisihnya.

ND95 dapat menghasilkan analisa untuk mengetahui item barang yang tingkat persediaannya terlalu tinggi dan juga dapat memberitahukan item barang mana yang terlalu sering terjadi kekosongan stock.

Bahkan lebih jauh lagi, ND95 menyediakan fasilitas untuk melacak penyebaran dari item dengan kode produksi atau batch code tertentu. Ini diperlukan bila suatu saat, item produk dengan batch code tertentu harus ditarik dari pasar, maka kita akan dengan cepat dapat mengetahui item tersebut telah didistribusikan ke customer mana saja. Kegunaan lain adalah kita dapat melacak apakah suatu produk yang diretur dari customer benar merupakan produk yang berasal dari kita.

Penjatahan stock untuk salesman dapat dilakukan untuk mengalokasikan stock yang boleh dijual oleh masing-masing salesman. Hal ini diperlukan misalnya pada saat menjelang kenaikan harga distributor biasanya membatasi stock yang boleh dijual serta menentukan jatah untuk setiap salesman supaya tidak diborong oleh salesman tertentu.

 Laporan-laporan yang dihasilkan pada modul ini antara lain:

- Laporan Saldo Stock Distributor

- Laporan Saldo Stock Van

- Laporan Nilai Persediaan

- Laporan Mutasi Stock Gudang (Standard, Alokasi, BS dan Dented)

- Laporan Mutasi Stock Van

- Laporan Kartu Stock Gudang (Standard, Alokasi, BS dan Dented)

- Laporan Kartu Stock Van

- Stock Status Report

- Laporan Over Stock

- Laporan Stock Shortage

- Stock-Out Status Report

- Laporan Perubahan Nilai Persediaan

- Rekap Penjualan dan Mutasi Harian

- Exception Report, yang menampilkan barang-barang dengan stock negatif

 

 

Modul Operasi Canvas

Modul ini menyediakan semua fungsi yang berhubungan dengan kegiatan Canvassing, seperti penambahan barang ke van, penurunan dari van ke gudang, penukaran BS, penyesuaian stock, stock opname van, penjualan serta retur. Semua nota penjualan kredit akan otomatis masuk ke modul Piutang dan selanjutnya pelunasannya dilakukan dari modul Piutang tersebut. Penukaran BS baik antara van dengan gudang, maupun antara toko dengan van dapat dilakukan secara ‘tukar guling’ ataupun tukar dengan barang yang berlainan; tetapi ND95 akan memproteksi bahwa selisih nilai  penukaran  harus di bawah nilai toleransi yang diijinkan.

Laporan-laporan utama yang dihasilkan pada modul Operasi Canvas ini adalah:

- Ikhtisar Penjualan (lengkap atau Rupiah saja) :  IP dicetak setiap hari untuk setiap salesman sebagai pertanggung-jawaban stock mobil.    Dengan adanya IP komputer maka salesman dapat dibebaskan dari tugas pembuatan laporan sejenis.

- Buku Penjualan

- Buku Retur

- Laporan Discount

- Laporan Promosi

- Laporan Prestasi Kerja

- Laporan Nomor Nota Hilang

- Laporan Selisih Pembayaran

- Laporan Saldo Stock Van

- Laporan Mutasi Stock Van

- Laporan Kartu Stock Van

- Rekap Stock Harian Van

 

Modul Penjualan

Modul Penjualan ini merangkum fungsi-fungsi untuk penjualan TO (Taking Order) dan fungsi penjualan secara keseluruhan  (TO dan Canvas). Penjualan TO dibagi atas 3 kelompok: TO Standard, TO Dented untuk menjual barang-barang dented dan TO Intern untuk menjual barang antar distributor. TO Dented menjual barang dengan harga jual dikurangi dengan persentase discount yang telah ditentukan pada master barang, sedangkan TO Intern menjual barang dengan harga modal.

Penjualan dengan sistem TO diawali dengan memasukkan data-data pesanan yang dikumpulkan oleh salesman. Data-data pesanan belum mengurangi persediaan tetapi mengurangi ‘availabilty’ barang Pada saat pesanan akan dikirim, akan dilakukan penerbitan faktur komersiel atas setiap pesanan. Pada saat penerbitan faktur inilah, persediaan Gudang akan dikurangi.

ND95 menyediakan 3 jenis discount promosi (diberikan pada item barang tertentu) yaitu free-goods atau bonus barang, discount special dan discount promosi. Discount promosi dapat berupa rupiah maupun persen. Untuk discount nota, ND95 juga menyediakan 3 jenis yaitu quantity discount, trade discount dan cash discount. Formula untuk ke-6 discount ini dapat didefinisikan terlebih dahulu, sehingga pada saat operator membuat nota, akan otomatis muncul. Pada master barang kita dapat menentukan item barang yang tidak boleh mendapatkan discount nota (seperti produk-produk susu bayi), sehingga ND95 hanya akan mengalikan discount nota terhadap item yang boleh mendapatkan discount saja.

ND95 juga menyediakan fasilitas untuk credit-control seperti limit credit dan open invoice. Open invoice membatasi jumlah faktur yang belum dibayar. Pada saat operator menginput pesanan, ND95 akan langsung memeriksa dan menginformasikan faktur-faktur dari customer ybs yang telah overdue. Pada master customer, kita dapat menentukan status customer yang harus diwaspadai atau yang diblokir, sehingga operator akan langsung diperingatkan oleh komputer.

Fitur Must Have List memungkin sistem memproteksi item-item produk yang boleh dibeli oleh jenis toko tertentu.

ND95 memberikan beberapa pilihan cetakan faktur: satu kwarto, setengah kwarto, setengah folio dengan kualitas cetakan quality, draft, ekonomis, minimum atau pre-printed.

Untuk kemudahan pengeluaran barang dari gudang, dicetak Surat Jalan Pengiriman yang akan menjumlahkan barang yang sama dari faktur-faktur yang akan dikirim. Surat Jalan Pengiriman ini akan terdiri dari 2 bagian: Rekap per Nota dan Rekap per

Barang. Rekap per Barang dipergunakan untuk pengeluaran barang dari gudang (loading), sedangkan Rekap per Nota sebagai dokumen serah terima nota faktur asli kepada supir yang melakukan pengiriman.

Setelah barang dikirim, maka kemungkinan akan terjadi hal-hal berikut:

- Ada barang yang ditolak sebagian,

- Ada faktur yang ditolak seluruhnya,

- Ada pembayaran atas faktur yang dikirim.

ND95 menyediakan fasilitas untuk mengantisipasi ketiga kemungkinan di atas.

 

Laporan-laporan utama untuk penjualan TO adalah sebagai berikut:

- Ikhtisar Penjualan

- Buku Penjualan

- Buku Retur

- Laporan Discount

- Laporan Promosi

- Laporan Prestasi Kerja

- Daftar Register Faktur

- Rekap Penjualan, Piutang dan Tagihan

- Buku Penjualan/Customer

- Buku Retur/Customer

- Laporan Retur

- Laporan Penjualan Agen

- Laporan Penjualan per Pekan

- Monthly Sales

- Laporan Penjualan Total (per Barang, per Salesman, per Customer, per Area, per Pasar)

- Laporan Distribusi Barang

- Laporan Penjualan Salesman/Barang

- Laporan Penjualan Customer/Barang

- Laporan Penjualan Area/Barang

- Laporan Kontribusi Langganan Terbesar

- dan banyak-banyak lagi.

Modul Penjualan juga menyediakan fasilitas untuk menangani faktur pajak dan daftar pajak keluaran. Faktur pajak dapat dicetak per faktur ataupun gabungan dari beberapa faktur. Nomor faktur pajak dapat dimasukkan sendiri ataupun menggunakan nomor urut otomatis dari sistem. Faktur Pajak Tambahan (dari usaha/divisi lain) dapat diinput secara manual pada ND95, kemudian kita dapat mencetak laporan pajak secara keseluruhan. ND95 sudah mengantisipasi bila nama dan alamat faktur pajak customer berbeda dengan nama dan alamat pengirimannya.

 

Modul Piutang Dagang

Modul Piutang Dagang menyediakan fasilitas untuk menangani dan mengontrol piutang pelanggan. Mutasi yang dilakukan pada modul ini mencakup:

-  Koreksi piutang untuk mengoreksi jika ada discount susulan ataupun pembatalan cash discount sehubungan dengan keterlambatan pembayaran,

-  Pembayaran Piutang untuk memasukkan hasil tagihan kolektor setiap harinya. 

-  Nota Piutang (Debet dan Kredit) untuk memasukkan nota piutang manual yang tidak berasal dari transaksi penjualan.

-  Piutang Macet, untuk mengubah status faktur tak tertagih sebagai bad debts.

Credit Control yang dilakukan pada ND95 dapat berupa  limit kredit ataupun pembatasan open invoice. Untuk setiap customer dapat ditentukan apakah bila terjadi over limit akan dilakukan penolakan atau hanya memberikan warning/peringatan. Bila dilakukan penolakan, ND95 masih menyediakan fasilitas credit authorization untuk dapat memberikan hak kepada pegawai tertentu memberikan ijin untuk tetap menerbitkan faktur toko tersebut.

Bila dikehendaki, ND95 juga dapat mencetak ‘billing statement’ pada foot-note faktur komersiel yang dicetak oleh komputer untuk memberitahukan kepada toko yang bersangkutan saldo piutang, saldo giro mundur dan sisa limit kredit-nya.

Karena dalam menentukan saldo limit kredit, ND95 juga memperhitungkan saldo giro mundur, maka setiap hari juga harus dilakukan proses pencairan giro mundur.

Limit atau plafond kredit selain diterapkan pada  customer juga dapat diterapkan pada salesman untuk membatasi salesman memberikan kredit yang terlalu besar ke pasar. Untuk membantu bagian penagihan, ND95 dapat mengeluarkan Surat Jalan Penagihan atau Collection List berdasarkan kriteria (area, hari kunjungan, salesman, tanggal) yang kita tentukan, yang kemudian bersama-sama dengan faktur asli diserahkan kepada salesman/kolektor. Hasil tagihan tinggal dicatatkan pada Surat Jalan Penagihan tersebut karena kolom-kolomnya sudah tersedia.

ND95 juga menyediakan fasilitas untuk meng-update limit kredit secara otomatis berdasarkan RPP (Rata-rata Pembelian per Pekan) atau berdasarkan RNN (Rata-rata Nilai Nota) yang dikalikan dengan faktor yang kita tentukan.

Laporan-laporan utama yang dihasilkan oleh modul ini antara lain :

-  Faktur Jatuh Tempo

-  Piutang per Nota

-  Piutang per Customer

-  Piutang per Salesman

-  Piutang per Area

-  Kartu Piutang per Salesman dan per Customer

-  Mutasi Piutang dan Giro

-  Buku Pelunasan Piutang

-  Perincian Pembayaran

-  Laporan Pemotongan C/N

-  Laporan Over Credit

-  Laporan Bad Debts

-  Laporan Cash Discount Batal

-  Analisa Kredit dan Overdue

-  Laporan Penalti

Untuk kebutuhan kasir, dapat dihasilkan laporan:

-  Laporan Tagihan harian

-  Rekapitulasi Tagihan

-  Daftar Giro Masuk

-  Daftar Giro Jatuh Tempo

 

Modul Pembelian

Fungsi Penerimaan Barang yang disediakan ND95 meliputi penerimaan barang dari main distributor, penerimaan barang promosi, penerimaan pembelian intern (pembelian antar distributor) dan penerimaan penggantian BS. Setiap data penerimaan pembelian dari main distributor dan pembelian intern yang dimasukkan ke komputer akan otomatis menimbulkan hutang dagang.

Untuk membantu distributor mengetahui posisi incoming stock, setiap ada Pemberitahuan Pengiriman Barang (PPB) dapat langsung dimasukkan juga ke dalam komputer.

Modul Pembelian juga menyediakan fasilitas untuk membantu distributor melakukan estimasi pesanan ke supplier, sehingga distributor dapat mengetahui aktual barang yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan buffer stock.

Laporan-laporan utama yang dihasilkan oleh modul ini antara lain:

-  Rekap Pesanan dan Penerimaan

-  Monitoring Order Vs Penerimaan

-  Laporan Pesanan Outstanding

-  Daftar Incoming Stock

-  Buku Pembelian

-  Rekap Pembelian per Barang

-  Laporan Discount Pembelian

-  Laporan Pembelian dari Main Distributor

-  Laporan Penerimaan Barang Promosi

-  Laporan Pembelian Intern

-  Laporan Penerimaan Penggantian BS

-  Laporan Kelebihan Penerimaan

 

Modul Hutang Dagang

Modul ini menyediakan fasilitas untuk menangani transaksi keuangan dengan main distributor atau principle seperti hutang dagang, piutang MRV (retur) , piutang DCV (claim), dsb. Mutasi yang dilakukan adalah pembayaran PO (Nota Hutang), pembayaran MRV, MEC/RAP, DCV,  Pembayaran DCV dan CN Masukan. PO adalah nota pengakuan hutang intern yang dikeluarkan untuk setiap penerimaan barang dari supplier. MRV (Market Return Voucher) adalah claim distributor ke principle atas pengembalian barang ataupun pemusnahan BS di tempat. MEC/RAP adalah budget yang diberikan principle kepada distributor untuk mengadakan kegiatan marketing atau promosi. DCV adalah claim distributor ke principle atas biaya yang sudah dikeluarkan distributor untuk kegiatan marketing atau promosi seperti yang sudah ditentukan dalam MEC/RAP.

Laporan-laporan utama yang dihasilkan dari modul Hutang Dagang antara lain:

- Laporan Hutang per Nota

- Laporan Hutang per Supplier

- Kartu Hutang

- Perincian Pembayaran

- Rekap Pembelian dan Hutang

- Laporan MRV Outstanding

- Laporan Status Anggaran

- Laporan DCV Outstanding

- DSV Settlement Report

- Daftar PO tanpa faktur, untuk mengetahui faktur yang belum diterima dari Main Dist.

- Daftar Extended Due Date, untuk menampilkan semua PO yang dapat diperpanjang  masa kreditnya karena keterlambatan penerimaan barang.

 

Modul Common Interface

Dua fasilitas terpenting dalam modul ini adalah G/L Interface dan Principal Interface. G/L Interface dipergunakan untuk setup dan menjalankan proses pembuatan jurnal otomatis atas seluruh transaksi pada ND95. Hasil proses ini dapat di-restore ke program GA97/General Ledger yang juga kami develop sendiri. Bila dipergunakan bersama-sama dengan modul Kas/Bank, maka anda dapat menyajikan laporan keuangan seperti Neraca, Neraca Saldo dan Laporan Rugi/Laba dengan cepat tanpa banyak melakukan input jurnal manual. ( Program GA97/General Ledger dan Kas/Bank merupakan paket tersendiri yang tidak include di dalam program ND95 ).

Principal Interface dipergunakan untuk menghasilkan data dalam bentuk text file sesuai  dengan spesifikasi yang kami peroleh dari pihak Principal untuk dikirim via email ke mereka. Beberapa principal yang telah di-support oleh ND95 adalah Kiwi, Dua Berlian, Reckitt, Multi Indo Citra, Unicharm, Focus, Forisa, SKG dan Beiersdof.

 

Modul Webhost Interface

Modul ini khusus dipergunakan oleh distributor Nestle Indonesia untuk menghasilkan data stock dan penjualan harian dalam format XML yang akan diupload setiap hari ke server pusat.



General Features

Multiuser                                                    

Untuk mendukung pengoperasi secara networking, ND95 telah dikembangkan dengan konsep multiuser. Setiap pengguna atau user ND95 harus memiliki ID (identifikasi) dan password untuk memasuki sistem. System Administrator (SYSADM) bertugas untuk mengelola user ND95 termasuk melakukan ‘access assignment’ dan ‘action assignment’. Access assignment adalah menentukan fungsi-fungsi mana saja yang boleh dijalankan oleh seorang user. Bila suatu fungsi boleh dijalankan, maka dapat ditentukan lagi action mana saja yang boleh dijalankan, misalnya seorang user boleh menambah data tetapi tidak boleh mengubah dan menghapus data. Untuk menjaga integritas data, bila suatu proses penting seperti Proses Akhir Hari akan dijalankan maka sistem akan menolak bila sistem sedang dioperasikan lebih dari 1 orang. Sebaliknya bila suatu proses seperti itu sedang berlangsung, sistem akan menolak user lain memasuki sistem.

 

3 Level Access Security            

Tingkat keamanan pada sistem ada tiga, yang pertama adalah user-id dan password untuk melindungi sistem dipergunakan oleh yang tidak berkepentingan. Level kedua adalah melindungi fungsi-fungsi tertentu agar tidak dapat dijalankan oleh user yang tidak berkepentingan dengan fungsi tersebut, misalkan seorang operator dapat ditugasi menginput nota penjualan tetapi dia tidak dapat mengakses fungsi piutang. Level ketiga adalah pembatasan aksi yang dapat dilakukan oleh seorang user, misalkan boleh melakukan input data tetapi tidak boleh mengubah atau menghapus. Juga membatasi misalkan seorang user hanya boleh menampilkan laporan pada layar tetapi tidak boleh mencetak ke printer (hardcopy).

CUA Interface

Penyusunan menu pada ND95 mengikuti standard CUA (Common User Access) sehingga memudahkan bagi pemakai yang sudah biasa dengan interface semacam ini.

On-screen Report

Semua laporan pada sistem dapat dicetak ke printer, ke text file (yang selanjutnya dapat dibuka dengan ms-excel) maupun ditampilkan ke layar dengan format laporan yang sama. Laporan yang ditampilkan pada layar bila melebihi lebar layar dapat digeser ke kiri dan ke kanan dengan tombol ß dan à  Laporan juga dapat ditelusuri ke atas dan ke bawah dengan tombol PgUp dan PgDn.

Table Look-Up             

Untuk kemudahan penggunaan, bila operator harus memasukkan data yang berhubungan dengan tabel atau master file, misalnya kode barang, kode customer dsb, maka dia dapat melakukan look-up dengan mengisi ‘?’ untuk menampilkan kode-kode yang ada. Dapat juga dengan mengisi sebagian dari nama, misalkan pada kolom kode customer diisi dengan ‘SUMBER’, maka sistem akan menampilkan semua customer dengan nama berisikan kata ‘SUMBER’

Printer Manager

Fasilitas pencetakan laporan lebih pintar, bila laporan dicetak ke printer, sistem akan memberitahukan untuk menggunakan kertas kecil saja, harus menggunakan kertas besar atau kita dapat memilih untuk menggunakan kertas kecil atau besar, dan sistem yang akan mengatur ukuran huruf sehingga sesuai dengan kertas yang dipilih.

Laporan dapat dipilih untuk dicetak pada continuous form atau pada kertas lembaran (single-sheet), serta dapat dipilih untuk mencetak halaman tertentu, halaman ganjil saja atau halaman genap saja. Margin kiri, margin kanan dan jumlah baris cetakan per halaman dapat ditentukan sendiri bila diperlukan. Laporan dapat dicetak pada printer yang terhubungkan pada paralel port 1, paralel port 2ataupun pada serial port, bahkan laporan dapat di-spool pada diskette (disimpan sebagai ascii text file)

Parameter Controlled

          Cara kerja ND95 dikendalikan oleh sejumlah parameter yang ditentukan sendiri oleh pemakai pada saat setup sistem, misalnya besaran persen PPN, pesan pada faktur, apakah user boleh mengubah discount, apakah fungsi-fungsi tertentu diaktifkan, dsb. Dengan konsep seperti ini, satu versi ND95 dapat dipergunakan di berbagai distributor, sedangkan perbedaan-perbedaan cara kerja dapat diatur pada parameter.

Auto Backup 

Untuk kemudahan recovery bila terjadi kegagalan pada saat proses, sistem memiliki kemampuan untuk melakukan backup secara otomatis sebelum memulai proses.

Compressed Backup

Bila data semakin membengkak, sehingga backup membutuhkan lebih banyak diskette, maka fungsi backup dapat dilakukan dengan bantuan program compress sehingga mengurangi kebutuhan diskette. Compress adalah suatu cara untuk memampatkan file sehingga menjadi lebih kecil.

Auto Logoff   

Fungsi auto-logoff adalah untuk menghindari sistem dipergunakan oleh orang lain yang tidak berkepentingan bila kebetulan ditinggalkan dalam keadaan aktif. Setelah sekian detik (ditentukan pada parameter) sistem tidak disentuh, maka sistem akan otomatis keluar dan menempatkan kontrol pada posisi login-screen.

User-defined Color

Warna pada tampilan program tersimpan pada sejumlah parameter warna yang dapat diatur sendiri oleh pemakai

Utilities: Calculator, Calender, Address Book

Walaupun tidak terlalu penting, sistem menyediakan sejumlah utilitas pop-up (dapat dipanggil seketika) seperti kalkulator, kalender dan buku alamat. Bila ketika meng-input data kita memerlukan kalkulator untuk menghitung sesuatu, dengan menekan tombol Alt-F5, pada layar akan tertampil kalkulator.

 
Find the Best Web Hosting which offers reliable service and top quality support
Login Form
ANTARA News - Berita Terkini
News And Service
  • ASDP Indonesia Ferry Merak seberangkan 48.984 pemudik ke Sumatera
    Pelabuhan Merak pada H-5 menyeberangkan sebanyak 48.984 pemudik yang hendak menuju Pulau Sumatera untuk berlebaran di kampung halaman. "Jumlah pemudik sebanyak itu terjadi peningkatan dibandingkan pada H-6," kata Humas PT ...
  • Loew tetap tangani Jerman sampai Piala Eropa 2016
    Pelatih yang membawa tim nasional Jerman menjuarai Piala Dunia Joachim Loew tetap akan memimpin tim itu sampai Piala Eropa 2016. Loew dikontrak Federasi Sepak Bola Jerman (DFB) sampai Juli 2016, namun ia mengatakan pada ...
  • H-3 diperkirakan puncak arus mudik Terminal Kalideres
    Puncak arus mudik di Terminal Kalideres, Jakarta Barat, diperkirakan terjadi pada Jumat (25/7) atau H-3 Idul Fitri, kata Kepala Terminal Kalideres Joko Sukarno di Jakarta, Rabu. "Prediksi kami H-3, Jumat-Sabtu puncaknya ...
  • Simak UI terima 6.334 mahasiswa baru
    Sebanyak 6.334 peserta dari Vokasi (D3) hingga Doktoral (S3) berhasil lulus Seleksi Masuk UI (SIMAK UI) 2014, dimana 4.121 peserta diantaranya lulus pada program Sarjana kelas Reguler, Paralel serta Vokasi (D3). "Tidak ...